achmadrizal's blog

Toko Nam Bie, Semarang

Sebagai penggemar sejarah khususnya bangunan-bangunan tua, hal yang paling menyenangkan adalah jalan-jalan ke lokasi sambil membaca informasi tentang bangunan bersejarah tersebut. Sambil menikmati keindahan bangunan tua tersebut, imajinasi juga bekerja membayangkan bagaimana rupa bangunan tersebut pada masa jayanya.   Meluangkan waktu untuk sekedar mengunjungi bangunan-bangunan tua secara langsung terus terang menjadi sesuatu yang mahal karena sulitnya mencari waktu untuk itu (sok sibuk ceritanya). Maka kadang harus diakali agar keinginan untuk jalan-jalan terpenuhi.

Saat tidak bisa kemana-mana, tapi pengen kemana-mana, apalagi yang dilakukan kalo tidak jalan-jalan di dunia maya. Dan yang yang dituju tentu gak jauh dari hobby, cari-cari foto bangunan kuno dan cari tahu tentang sejarah bangunan tersebut. Beberapa website yang sering dikunjungi seperti KITLV, Troopen museum, dan yang agak baru Military Museum Netherland, selain web-web lain yang berserakan di dunia maya.

Salah satu hal yang sangat menyenangkan saat melakukan kegiatan ini jika kita bisa mengenali suatu foto bangunan lama dan tahu kondisinya saat ini. Apalagi kalau foto tersebut tidak memberikan informasi yang cukup banyak. Sebagai contoh foto di bawah ini.  Foto ini didapat dari Museum Militer Belanda. Pada keterangan gambar dituliskan bahwa ini adalah parade militer dari tentara Belanda pada tanggal 18-2-1947 dalam rangka kelahiran Putri Marijke. Lokasi dikatakan di Semarang, tapi tidak disebutkan dengan spesifik.

Semarang_tok_nambie_18_2_47

Parade Militer tahun 1947 dari http://nimh-beeldbank.defensie.nl

Informasi utama dari gambar tersebut adalah sebuah bangunan dengan tulisan TOKO NAM dan jalan besar ayng cukup untuk dilewati parade tank. Dengan semangat iseng yang tinggi dan koneksi internet yang memadai (walah.. gak penting banget), ditanyalah Mbah Google soal hal ini.. Tebakan pertama adalah Jalan Bodjong yang sekarang dinamakan dengan Jalan Pemuda di Semarang. Di sepanjang jalan yang sangat besar ini masih berserak bangunan-banguan kuno yang masih terawat. Semoga toko dengan nama NAM masih ada..

Hasilnya jreng… (biasa aja kali…) didapatlah nama Toko Nam Bie yang terletak di Jalan pemuda no 41 Semarang yang merupakan toko alat tulis. Dari google juga akhirnya di dapat fotonya seperti di bawah ini (kemarin tanggal 19-20 Oktober pas ke Semarang gak sempat ambil foto sendiri)

Semarang_tok_nambie_2008

Toko Nam Bie tahun 2008 dari smgprast.blopgspot.com

Bentuknya toko ini ternyata tidak banyak berubah dibandingkan dengan kondisi tahun 1947. hanya tulisan Toko Nam Bie yang berupa nama timbul di tembok sudah tidak ada lagi. Sengaja foto yang agak miring ini yang diambil, supaya sudutnya mirip dengan foto athun 1947. Bedanya kalau dulu yang lewat adalah tank kalau sekarang yang parkir kijang…

Buat banyak orang hal seperti ini biasa-biasa saja.. tapi buatku.. hmm sungguh sangat menggembirakan..

sumber :

1.http://nimh-beeldbank.defensie.nl/

2. http://smgpras.blogspot.com/2010/10/toko-nam-bie-remaining-old-retail-store.html

Leave a Reply

Skip to toolbar