achmadrizal's blog

Peringkat Scopus Telkom University Tahun 2016 dan Prediksi 2017

Beberapa waktu yang lalu Kemeristek Dikti mengeluarkan Buku Kekuatan 50 Institusi Ilmiah Indonesia: Profil Publikasi Ilmiah Terindeks Scopus. Buku ini membahas kekuatan lembaga ilmiah di Indoensia berdasarkan publikasi yang terindeks Scopus. Dengan data sampai dengan Juni 2016. Dalam buku ini dibeberkan nama-nama Institusi Ilmiah di Indonesia berdasarkan peringkat di Scopus, jumlah publikasi, pertumbuhan publikasi terindeks Scopus, 10 nama peneliti dengan publikasi terbanyak, kolaborator utama tiap institusi dan tujuan publikasi utama. Sebenarnya, data ini bisa dibaca langsung pada  www.scopus.com, tetapi sayangnya tidak semua institusi memiliki akses kesana.

Contoh data tentang Telkom University dalam buku Kemeristek Dikti seperti dibawah ini.

Secara umum peringkat 20 besar PT dan institusi ilmiah lainnya pada Januari 2017 seperti pada gambar dibawah.

Peringkat 20 besar di Scopus dari Institusi Indonesia

 

Pergeseran posisi terjadi di peringkat 9 dan 10. UNPAD naik dari posisi10 menjadi posisi 9  menggeser  Center for International Forestry Research. Sementara itu UNS melonjak dari peringkat 17 ke peringkat 15 menggeser UNSYIAH yang turun menjadi peringkat 16 dan UNUD yang menjadi peringkat 17. Telkom University sendiri naik dari peringkat 20 menjadi peringkat 19.

 

Ranking publikasi ini sekalipun bukan menjadi tujuan utama bagi Telkom University, ternyata mampu mendorongnya sehingga mendapatkan Predikat A pada Akreditasi Institusi tahun 2016. Hal ini merupakan bukti bahwa aktifitas penelitian di Telkom University sedang menggeliat dengan kencang. Menyitir pendapat Pak Heroe Wijanto, Wakil Rektor 1 Telkom University,

‘Kuantitatif dokumen dan ranking setidaknya sebagai salah satu perspektif saja dari produktifitas riset dan kultur riset. Selanjutnya nanti peningkatan stasi/H-indeks, produk, patent, dan lain-lain diiringi dengan peingkatan TRL”

Ya, saat ini buku Kemeristek Dikti hanya memberikan peringkat dari jumlah, belum ke kualitas. Tetapi jangan penah bicara kualitas dulu kalau kuantitas belum banyak, tidak mungkin seorang peneliti mengaku mempunyai H-indeks kalau publikasinya cuma 3 buah.

Melihat tahun 2017, bahkan baru 10 hari pertama pun, beberapa perguruan tinggi sudah mencatatkan beberapa publkasiny di Scopus. Beberapa conference yang dilaksanakan sekitar bulan Juli belum masik ke Scopus. Diperkirakan sekitar bulan Februari, jumlah publikasi tahun 2017 akan meningkat pesat.

Capaian penulis dengan afiliasi dari Tel-U posisi 9 Januari 2017

Berikut ini perbandingan 6 institusi di Indonesia peringkat 15-20 Besar di Scopus. Tahun 2016, UNS meningkat pesat dari peringkat 17 menjadi 15 dengan publikasi sejumlah 309 di tahun 2016, lebih dua kali lipat dari tahun 2015 yang hanya 142 publikasi. Sementara itu, Tel-U mencatatkan 181 publikasi, melampaui 3 peringkat diatasnya. Apabila trend ini tetap dijaga, bukan tidak mungkin Tel-U akan naik ke peringkat ke-16 sekitar 3 tahun ke depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar