achmadrizal's blog

Jelajah Kuliner Jogja (sip deh udah bagian 4)

Waduh.. gak terasa udah bagian 4.. terasa sih.. terasa kenyang menikmati kuliner-kuliner Jogja yang mantep.. Ohya sebelum kita lanjut membahas beberapa warung makan di Jogja ini, saya akan ingatkan lagi doktrin tentang makanan.. 1. Hanya ada dua kategoris makanan, enak dan enak banget, 2. Jika ada makanan yang tidak enak, ingat pasal satu.  He..he..he.. ini untuk membuat kita bersyukur. Tulisan disini bukan dibuat untuk mencerca makanan, tapi sekedar untuk memberikan ulasan ringkas buat teman-teman yang akan makan-makan di Jogja. Sekaligus buat dokumentasi pribadi..

Yuk dilanjut lagi daftarnya :

I. Sego Pecel Bu Tien

Sego pecel Bu Tien ini lokasinya di Gejayan, Jl Afandi. Seperti namanya,menu andalannya Sego Pecel. Menu lain juga ada, seperti Nasi Rawon, Jangan lodeh, ayam goreng dan lain-lain. Karena jaraknya jauh dari rumah, jadi cuma sekali mampir kesini dan kesannya.. mahal..:)  Iya, harganya relatif mahal untuk ukuran Jogja, misalnya nasi rawon harganya sampai 27rb, atau nasi pecesl spesial yang hargnyadi atas 20 ribu. Tapi ada harga ada rasa. Rasanya cukup mantap.. seperti masakan jawa timuran kebanyakan, gurih sedep.. Ohya disini juga sedia akan asin goreng.. tapi kalo pesen ini siap-siap aroma ikan asinnya menyebar ke penjuru rumah makan..

10403040_10204654642618226_130468454856289397_n

Sego Pecel Bu Tien. 1966.. udah lama ya

 

II. Ayam Digiepuk Mbak Sum

Ayam digepuk

Kasihan, ayamnya digebuki

Namanya unik, Ayam Digiepuk.. lokasinya di seberang Fakultas Perikanan UGM, deket selokan Mataram. Tempatnya enak, ramai oelh mahasiswa, utamanya mahasiswi.. seperti namanya mendu andalannya ayam goreng, bebek goreng dan ikan goreng.. Tapi kok lupa ya kemarin aku makan apa aja.he..he.. Tapi secara umum rasanya enak.. unik.. dan pedes.. Harganya bersahabat dengan kantong mahasiswa. Warung ini punya cabang di Sagan, seberang Galeria Mall.

III.  Ayam Goreng “Pak Parman”

Ayam Pak Parman

Salah satu kuliner legendaris

Yang ini salah satu kuliiner legendaris di jogja dan lima kawasan sewaktu. Aslinya warung ayam goreng ini adanya di Jl Wonosari, tapi punya cabang di Jl Damai, Kaliurang km 8.5. Ayam gorengnya ayam kampung asli, empuk bertabur kremes. Sambelnya gak mans tidak terlalu pedas, tapi tertutupi oleh rasa ayam gorengnya yang mantep. Teman makanya selain lalapan ada gudep daun singkong, atau tepatnya sayur daun singkong dengan kuah santap encer yang serasi dengan ayam gorengnya. Bentuknya jogla dan terkesan agak gelap, dengan halaman yang luas. Dari luar rumah makan ini kelihatan sepi, makanya setelah sekian lama wira-wiri di depannya, akhirnya sempat makan di sana. Untuk harga bisa perpotong atau perekor. Relatif mahal karena ayam kampung.

IV. Mie Ayam dan Bakso Idolaku Pak Tikno

Mie Ayam bakso yang ini lokasinya di Jl Taman Siswa dan ada cabang lain di Jalan Solo-Jogja. Entah mana yang lebih besar. Menurutku yang yammy dari warung bakso ini adalah Bakso Iganya, harga seporsi cuma Rp 16.000,- tapi udah dapat tulang iga dan daging yang cukup banyak. Kalau jam makan siang ramainya luar biasa, tetapi pelayanannya cepat jadi gak perlu nunggu lama. Kalo lewat daerah Taman Siswa, monggo mampir kesini.

Bakso Idola

Bakso rusuknya.. nampol

V. Bebaqaran

Bebaqaran ini sebenarnya satu grup dengan warung steak. Menunya ikan bakar, ayam bakar, kayu bakar dan .. eh bukan kayu bakar ding he..he.. Harganya sangat bersahabat dan ramah kantong. Jadi gak usah kuatir kantong jebol Yang pernah aku cobain di Jakal  utara Ringroad. Tempatnya enak ada pilihan kursi atau lesehan. Ada tempat bemain anak dan parkir luas karena dibagian belakang ada lapangan futsal yang cukup rame. Rasanya enak, pelayanannya ramah dan cepat. Enaknya disini bisa milih antara steak dan menu bakaran tadi.

 

Bebakaran

Dari pada bakar-bakar ban belas .. mending ini..

VI.  La Pizza Napoli

Nah ini salah satu makanan favorit kalau pas malam gak masak 🙂  lokasimya di Jalan Kranji, masuk dari Jalan Damai, Jakal km 8.3 atau bisa masuk dari JL Palagan km 8, pokok harus ketemu Jalan Damai dulu deh.. tar ketemu perempatan ke Umbul Permai dan Jl Kranji. Bukanya jam 5 sore sampai jam 10-an, jadi kalo siang gak bisa deh makan disini. Pizzanya maknyus dengan roti yang tipis dan renyah. Toppingnya bisa dipilih, macem-macam, salah satu andalannya Lamb Vlacky dari daging kambing. Menu lain yang enak itu Risol Mayo-nya, 15rb dapt dua biji dengan cheese mayo dan  smoke beef yang lembut dan gurih. Untuk pizza reguler buat 3 orang harganya cuma 45-60 ribuan..

Napoli

Pizza mantap, murah tapi maknyus

VII.  Warung Makan Spesial Penyetan Ngudi Rejeki

Ngudi rejeki ini adalah salah satu warung penyetan sahabat mahasiswa. Harganya murah, lokasinya dekat kampus dan masakannya enak. Menu yang ditawarkan dari ayam goreng, ayam bakar, ikan goreng dan ikan bakar. Ikan air tawar dan ikan laut. Menu lainnya seperti cah kangkung, gudangan dan lain-lain.  Lokasinya yang aku tahu sih di Utara Kampus FT, JL Teknika Utara, di Jakal sebelah  Utara MM UGM dan di Jl Afandi Gejayan.. Murah, meriah nikmat

ngudi-rejeki

Penyetan enak dan mantap..

 

Leave a Reply

Skip to toolbar