achmadrizal's blog

CALL FOR PAPERS SEMINAR NASIONAL INFORMATIKA 2012

SEMINAR NASIONAL INFORMATIKA 2012
“Peran Geoinformatika dalam Pengelolaan SDA Indonesia”

LATAR BELAKANG
Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF) merupakan aktifitas rutin yang diadakan setiap tahun oleh Program Studi Teknik Informatika UPN “Veteran” Yogyakarta. Seminar biasanya diikuti oleh praktisi dari berbagai industri dan akademisi dari berbagai perguruan tinggi dalam lingkup seluruh Indonesia. Tahun ini Prodi Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Industri UPN “Veteran” Yogyakarta kembali menyelenggarakan SEMNASIF dengan mengambil tema “Peran Geoinformatika dalam Pengelolaan Sumber Daya Alam Indonesia”.
Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang begitu luas terdiri dari banyak pulau dengan sumber daya alam yang melimpah merupakan karunia Tuhan Yang Maha Esa. Hingga kini pengelolaan sumber daya alam tersebut belum sepenuhnya dikelola secara mandiri oleh anak bangsa. Permasalahan yang lain adalah bangsa Indonesia juga belum dapat memanfaatkan secara maksimal SDA yang ada. Sehingga perlu dikaji, digali bagaimana cara pengelolaannya secara efisien dan berkelanjutan. Pemanfaatan SDA secara proposional dengan pengelolaan secara tepat dan efisien serta ramah lingkungan merupakan salah satu indikator keberhasilan dalam menjamin meningkatkan kesejahteraan rakyat secara berkesinambungan juga. Sejarah keberhasilan suatu bangsa sangat ditentukan oleh faktor keuletan, ketangguhan dari sumber daya manusia yang didukung dengan kemampuan, pemanfaatan dan pengelolaan sumber daya alam, ilmu pengetahuan dan teknologi. Geoinformatika merupakan bidang ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang survei dan pemetaan, penginderaan jarah jauh sangat erat hubungannya dengan SIG (Sistem Informasi Geografis). Menggunakan teknologi informasi semua yang terkait dengan pengelolaan, pengkajian dan pemetaan SDA dapat ditampilkan melalui visualisasi grafis yang mudah dipahami dan sesuai dengan trend ke depan. Teknologi tersebut kini hadir dalam bentuk pengelolaan data spasial secara tepat guna dalam pemanfaatan SDA. Menggunakan teknologi informasi pula diharapkan SDA di bidang tambang dan perminyakan yang melimpah dapat dikelola dengan baik sehingga membantu mempercepat analisis dan survei sumberdaya tersebut. Maka ilmu Geoinformatika diharapkan dapat memberikan dukungan pada pengelolaan SDA yang lebih baik.
Seminar nasional 2012 yang diselenggarakan oleh Prodi Teknik Informatika kali ini diharapkan akan dihadiri banyak pihak mulai dari akademisi, praktisi, industri, developer IT, pemerintahan, sampai dengan stakeholders (end user). Selain itu seminar ini diharapkan dapat menjadi media pertukaran informasi dan ilmu pengetahuan terutama berkaitan dengan penelitian yang dilakukan oleh akademisi. Permasalahan yang didiskusikan adalah terkait dengan peranan IT dari hal yang bersifat konseptual hingga teknis mengenai Geoinformatika. Perspektif yang berbeda dari banyak pihak diharapkan dapat dikomunikasikan dan ditarik suatu pengetahuan dan wacana baru di bidang Geoinformatika sehingga wacana pembangunan wilayah yang memperhatikan SDA dapat tercapai dengan sebaik-baiknya.

TOPIK
Topik yang akan dibahas dalam Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF ) adalah “Peran Geoinformatika dalam Pengelolaan Sumber Daya Alam Indonesia“, khususnya tentang teknologi dan Geoinformatika dalam aplikasi penginderaan jarak jauh, GIS. Pada SEMNASIF ini selain menerima paper bidang Geoinformatika kami juga menerima paper dari berbagai disiplin ilmu yang terkait dengan IT. Adapun topik yang dapat diberikan meliputi :
1. Geoinformatika                               11. Kartografi
2. Database Management                  12. Pattern Recognition
3. Computer Network                        13. Risk Management
4. GIS Data Mining n                         14. Intelligent System
5. Software Engineering                    15. Network and Security
6. Web Application                             16. Mobile Application
7. Web Mapping                                  17. Industrial Engineering
8. Data Spatial Processing                 18. Customer Relationship Management
9. Remote Sensing                             19. Geographic Information System
10. Earth Mappingt                            20. Dan lain-lain.

PENYELENGGARAAN
Hari / Tanggal : Sabtu / 30 Juni 2012
Jam : 08.00 WIB – selesai
Tempat : Ruang Seminar Gedung Agus Salim
Universitas Pembangunan Nasional ”Veteran” Yogyakarta
Jl. Babarsari No 2 Yogyakarta
PEMBICARA
Dr. Ir. Nurwadjedi, M.Sc (Kepala Pusat Survei Sumberdaya Alam Darat Bakosurtanal Pusat)
Dr. Ir. Andang Bachtiar. M.Sc.(Ketua Ikatan Ahli Geologi Indonesia 2000-2005)
MODERATOR
Frans Richard Kodong, ST, M.Kom (Dosen Geoinformatika UPN “Veteran” Yogyakarta)

MAKALAH
Untuk mengikuti call for paper, pemakalah mengirimkan abstrak hasil penelitian untuk dapat dinilai apakah layak dan sesuai dengan tema-tema yang ditawarkan di atas. Setelah dinyatakan diterima, maka pemakalah harus menyerahkan makalah lengkap (fullpaper) untuk di review. Makalah ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris, maksimal 8 halaman, diketik dengan menggunakan format doc (Microsoft Word 2002/2003/2007). Halaman single coloumn, pada kertas A4 (21*29.7 cm) dengan margin 3-3-2-2 cm (left-top-right-bottom), menggunakan huruf Times New Roman 10 poin dengan spasi tunggal.

PENDAFTARAN DAN BIAYA
Pendaftaran : 1 Maret – 30 Juni 2012
Peserta dengan makalah :
Biaya makalah pertama : Rp. 400.000
Pemakalah mendapatkan fasilitas : 1 seminar kit, 1 prosiding, 1 makan siang, coffee break pagi, coffe break seminar call paper sore, dan sertifikat. Setiap makalah tambahan oleh pemakalah 1 (pertama) dikenai biaya tambahan Rp 250.000,- tanpa fasilitas tambahan termasuk prosiding.

Peserta tanpa makalah :
Pemerintahan, Umum dan Praktisi : Rp.150.000
Dosen, Mahasiswa D3, S1, S2, S3 : Rp.100.000
Biaya untuk mengikuti seminar dapat dibayarkan melalui :
Transfer ke rekening BNI Taplus Yogyakarta, No. Rek 0248693140, a.n Oliver Samuel Simanjuntak
Pendaftaran juga dapat dilakukan dengan menghubungi :
1. Sekretariat Panitia Seminar Nasional Informatika 2012 Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Industri, UPN ”Veteran” Yogyakarta. Telepon/Fax : (0274) 485323, Contact Person : Juwairiyah (0815 685 0935)
2. Website : http://semnas.if.upnyk.ac.id, atau E-mail : semnasif@upnyk.ac.id alamat website proceding http://semnas.if.upnyk.ac.id

JADWAL DAN TANGGAL PENTING

21 Mei 2012 : Batas akhir penerimaan Abstrak
30 Mei 2012 : Pengumuman penerimaan Abstrak
7 Juni 2012 : Batas akhir penerimaan Full paper
30 Juni 2012 : Pelaksanaan Seminar

2 thoughts on “CALL FOR PAPERS SEMINAR NASIONAL INFORMATIKA 2012

Leave a Reply

Skip to toolbar