achmadrizal's blog

TAK oh TAK

TAK atau Transkrip Aktifitas Kemahasiswaan adalah suatu program yang dijalankan oleh bagian Kemahasiswaan (BK) sejak tahun 2007. TAK diperuntukkan untuk mengukur seberapa giat mahasiswa beraktifitas di luar kegiatan akademis seperti kuliah, praktikum atau responsi. TAk dibuat sebagai antisipasi agar mahasiswa IT Telkom tidak menjadi mahasiswa “Kupu-Kupu” atau “KUliah PUlang- KUliah PUlang” atau mahasiswa DIKTATOR, sebutan mahasiswa yang kemana-mana bawa DIKTAT. Dengan TAK mahasiswa di’paksa’ untuk berkegiatan, bisa dengan UKM, Seminar, Kepanitiaan,  dan lain-lain.  Dengan TAK pula, mahasiswa yang mempunyai prestasi non-akademis mendapatkan poin yang besar sebagai penghargaan. Saat ini aplikasi TAK bisa diakses di http://bk.stttelkom.ac.id/tak .

TAK sebenarnya alat buat institusi untuk membina aspek softskill mahasiswa secara tidak langsung karena dalam hal ini mahasiswa yang harus aktif menempa dirinya. Institusi dalam hal ini hanya memberikan fasilitas dan dukungan bagi mahasiswa yang berkegiatan. Dukungan ini bisa berupa dana atau penyediaan informasi tentang kegiatan internal atau kegiatan eksternal IT Telkom.

Selama pelaksanaan TAK sejak 2007, TAK telah diberlakukan untuk syarat wisuda tahun 2008.  Dan tidak menjadi masalah bagi calo wisudawan. Dalam pelaksanaan TAK unsur keaktifan dari mahasiswa sangat diperlukan karena mahasiswa yang harus secara aktif menginputkan  nilai TAk di aplikasi TAK. Dalam hal ini Admin di BK bertugas untuk verifikasi nilai tersebut.

TAK merupakan kerja bersama antara Admin di BK, pengurus BEM, pengurus UKM, pengurus Lab, pengurus Ormawa, dosen pembina UKM dan unit-unit terkati di ITTelkom. Jadi program ini hanya akan berjalan dengan sukses  jika semua elemen yang terlibat paham akan tugas masing-masing.

Program ini sekalipun relatif baru tetapi sudah menarik minat beberapa peguruan tinggi lain untuk belajar tentang TAK, tidak kuran dari UGM dan Unisera telah datang ke IT Telkom untuk belajar tentang TAK. Namun ini tidak boleh menjadikan IT Telkom lalai, karena perbaikan sistem TAK masih perlu diperbaiki sehingga ke depan sistem bisa berjalan dengan lebih baik lagi dan memberikan efek positif dalam pembentukan karakter calon lulusan IT Telkom.

So.. lanjutkan

Tagged on: ,

2 thoughts on “TAK oh TAK

Leave a Reply

Skip to toolbar