William Sturgeon, Ilmuwan Inggris penemu elektromagnetik dan motor listrik

Artikel ini diambil dan disadur dari http://en.wikipedia.org/wiki/William_Sturgeon

Awal kehidupan

Sturgeon lahir di Whittington, dekat Carnforth, Lancashire, dan magang ke tukang sepatu. Ia bergabung dengan tentara pada tahun 1802 dan belajar sendiri matematika dan fisika. Pada tahun 1824 ia menjadi dosen dalam ilmu di Seminari Militer East India Company di Addiscombe, Surrey, dan pada tahun berikutnya ia memamerkan elektromagnet pertamanya. Ia menunjukkan kekuatannya dengan mengangkat coin sejumlah £ 9 dengan sepotong besi dibungkus dengan kawat yang dialiri arus dari baterai tunggal. Pada 1825, Sturgeon menemukan kompas modern, dengan menggunakan konsep elektromagnetisme. Pada 1828 ia mengaplikasikan ide Ampere dari solenoid. Pada 1832 ia diangkat menjadi staf pengajar dari Adelaide Gallery of Practical Science di London, di mana ia pertama kali menunjukkan motor listrik DC yang menggunakan komutator.

Pada 1836 Sturgeon mendirikan jurnal Annals of Listrik, Magnetisme dan Kimia, dan pada tahun yang sama ia menemukan sebuah galvanometer. Sturgeon adalah rekan dekat John Peter Gassiot dan Charles Vincent Walker dan tiga berperan dalam mendirikan London Electrical Society pada tahun 1837.

Pada 1840 ia menjadi pengawas dari Royal Victoria Gallery of Practical Science  di Manchester. Dia membentuk sebuah lingkaran sosial yang erat dengan John Davies, salah satu promotor Galeri, dan mahasiswa Davies,  James Prescott Joule, lingkaran yang akhirnya diperluas untuk mencakup Edward William Binney dan John Leigh. Galeri ditutup pada tahun 1842, dan ia memperoleh hidup dengan mengajar dan mendemonstrasikan penemuannya. Sturgeon meninggal di Prestwich pada tahun 185

Leave a Reply