achmadrizal's blog

Biomedical Engineering dan Prospek Penelitian Bagi IT Telkom

Berikut ini adalah makalah yang di presentasikan dalam seminar tentang Penelitian dalam Teknik Biomedika di ITTelkom

I.  Pendahuluan

Saat ini perkembangan teknologi berjalan dengan pesat. Adanya irisan antara bidang ilmu yang satu dengan yang lain tidak dapat dihindari. Salah satu bidang ilmu yang berkembang dengan sangat cepat diantaranya adalah biomedical engineering atau yang dikenal dengan teknik Biomedika di Indonesia.

Definisi formal dari Teknik biomedika didefiniskan oleh Whitaker foundation [1] sebagai :

Biomedical engineering is  a discipline that advances  knowledge in engineering, biology, medicine, and improves human health trough cross-disciplinary that integrate engineering sciences with the biology sciences and clinical practices.

It includes:

–          the acquisition of knowledge and understanding of living system through innovative and substantive application  experimental and analytical techniques based on engineering sciences

–          the development of new devices, algorithms, processes and system that advances biology and medicine and improves medical practice and healthcare delivery “

Secara lebih sederhana  teknik biomedika didefinisikan oleh Prof. Soegijardjo Soegijoko sebagai [2] :

“ Teknik biomedika adalah bidang multidisplin yang mengaplikasikan teknik dan metode ilmiah serta teknologi untuk memecahkan masalah dalam bidang kedokteran dan biologi. Teknik-teknik ini digunakan untuk mengolah informasi medis, dalam rangka membantu prosedur medis, dengan tujuan akhir untuk meningkatkan kualitas kesehatan manusia”

Prosedur medis dapat digambarkan pada Gambar 1. Teknik biomedika dapat berperan dalam semua tahap dalam prosedur medis, misalnya dalam proses pengumpulan data dengan penyediaan perangkat diagnosis, perangkat lunak rekam medis atau bahkan terapi. Data medis yang diambil bisa berupa teks, sinyal biomedis, citra, suara atau gabungan dari data-data tersebut.

Makalah lengkap bisa di download disini

Leave a Reply

Skip to toolbar