achmadrizal's blog

Tip dan Etika Berkomunikasi dengan Dosen Pembimbing Tugas Akhir

Berikut ini beberapa tips dan trik dalam berkomunikasi dengan pembimbing tugas akhir. Beberapa didapat dari pengalaman sebagai dosen maupun sebagai mahasiswa (semua dosen awalnya adalah mahasiswa tentunya). Beberapa diambil dari pengamatan dari proses bimbingan rekan dosen yang lain. Semoga bermanfaat.

  1. Saat datang untuk pertama kali bimbingan

Pasti ada saat pertama bertemu dengan calon dosen pembimbing, utamanya saat mencari topik TA. Jangan pernah minta judul mentah-mentah pada dosen kecuali dosen telah menawarkan daftar judul/topic TA di papan pengumuman atau di blog-nya. Paling tidak siapkan 2-3 topik yang anda tertarik untuk menjadikannya sebagai TA. Pastikan topic itu sesuai dengan keahlian atau minat dosen yang bersangkutan. Paling tidak dengan kondisi seperti itu dosen akan memberikan masukan tentang topic-topik yang anda ajukan dan tidak merasa terbebani untuk memiirkan topic untuk anda.

  1. Buatlah dosen pembimbing anda kenal dengan anda dan hafal topic tugas akhir anda

Jika sudah ada kesediaan dosen pembimbing dan topic yang akan anda kerjakan. Sesekali datanglah menghadap ke dosen pembimbing sekalipun belum ada progress. Cukup bawa resume dari beberapa paper yang and baca terkait TA anda. Hal ini berguna supaya dosen pembimbing hafal wajah anda dan topic TA anda. Jadi kalau dosen pembimbing ketemu anda, maka justru beliau yang mungkin menawarkan kapan anda akan bimbingan.. gak repot bikin janji kan.. J Ingat, pembimbing anda mungkin tidak hanya membimbing anda seorang… makanya anda yang harus aktif supaya dosen anda kenal anda.

  1. Jangan pernah datang dengan tangan kosong bahkan kepala kosong

Saat bimbingan, siapkan beberapa draft tulisan, resume atau daftar pertanyaan yang akan anda ingin tanyakan atau konsultasikan. Jangan hanya membawa badan tanpa sesuatu untuk ditanyakan. Ini terkait dengan point 4. Hal ini dilakukan agar waktu bimbingan menjadi efektif.

  1. Hargai waktu dosen pembimbing anda

Jangan bertele-tele saat bimbingan. Catatan pertanyaan akan menghemat waktu anda dan waktu pembimbing anda. Jangan pernah mengirim sms untuk menanyakan apakah dosen anda ada di kampus, apalagi saat anda sendiri tidak sedang di kampus. Cari tahu jadwal mengajar dan jadwal yang disediakan oleh dosen anda untuk bimbingan. Cari lewat system informasi di kampus, teman atau petugas administrasi. Jangan pernah menanyakan pada dosen yang lain. Jika membuat janji untuk bimbingan, usahakan 5 menit sebelumnya anda sudah di tempat yang dijanjikan.

  1. Bimbingan secara teratur

Bimbingan secara teratur akan membantu anda dikenal oleh dosen anda, sekligus membantu anda menyelesaikan TA tepat waktu. Gunakan kesempatan itu untuk menanyakan hal yang ingin anda ketahui dan mencari masukan dari pembimbing anda. Di akhir bimbingan berikan target apa yang akan anda laporkan pada pertemuan bimbingan berikutnya. Ada baiknya ada buku khusus ( logbook) untuk mencatat semua kegiatan, hasil dan target pengerjaan TA anda yang diketahui, kalau bisa ditandatangani oleh Dosen.

  1. Gunakan email atau medsos hanya jika diijinkan oleh dosen pembimbing

Untuk menghubungi dosen, sebaiknya gunakan media yang disepakati bersama. Jika dosen tidak berkeberatan dihubungi menggunakan WA, FB atau lainnya, silahkan gunakan media itu. Tetap perhatikan waktu untuk mengirim pesan.

  1. Jangan menodong dosen pembimbing untuk menyetujui draft TA anda

Banyak mahasiswa yang tidak pernah bimbingan tiba-tiba “menodong” dosen untuk menyetujui draft TA-nya. Kalaupun dosen pembimbing akhirnya member persetujuan, jangan harap saat sisang TA akan mendapatkan pembelaan maksimal dari dosen tersebut. Bimbingan teratur akan mengurangi resiko ini sehingga keduabelah pihak akan tahu perkembangan pengerjaa TA anda.

Tugas akhir memerlukan usaha dan kerja yang ekstra, untuk itu jangan mudah putus asa. Jika anda bertemu dengan dosen pembimbing yang ‘susah’, jangan patah arang. Konsultasikan dengan dosen wali, dengan orang tua atau dengan sahabat anda. Banyak berdoa dan jangan ragu-ragu mendoakan dosen pembimbing anda supaya diberikan kelembutan hati pada anda.. SELAMAT BERJUANG!!…

Leave a Reply

Skip to toolbar