achmadrizal's blog

Stasiun, Penanda Sejarah Kota dan Transportasi

Tidak bisa dipungkiri, kehadiran Dirut PT KAI yang sekarang menjadi Menhub membawa banyak perubahan pada wajah perkeretaapian di negeri ini. Banyak perubahan yang menuju perbaikan digalakkan walaupu banyak memakan korban. Pedagang asongan dan pengamen yang dulu setia menemani sepanjang perjalanan dengan KA Ekonomi kini tiada lagi, jadwal KA yang sering ngaret kini hampir selalu tepat waktu.. mungkin Iwan Fals harus mengubah lirik salah satu lagu lamanya.

Tapi bukan itu yang mau dibahas, tapi stasiunnya.. Stasiun KA umumnya merupakan bangunan lama peninggalan operator KA jaman Belanda. Jika ada yang baru biasanya lokaisnya tetap cuma beda pintu saja. Seperti kita ketahui, dulu KA dioperasikan oleh banyak perusahaan dengan wilayah kerja yang berbeda, ini membuat kadang bentuk stasiun, lebar spoor dan gaya stasiunnya juga berbeda.

StasiunRambipuji

Stasiun Rambipuji, tahun 1920-an… spoor sebelah kiri lebih kecil untuk trem ke arah Puger dan Ambulu, sedangkan spoor yang lebih besar untuk KA ke arah Klakah sampai Surabaya

 

Berikut ini beberapa stasiun dengan arsitektur lama yang pernah saya singgahi dengan beberapa data singkatnya :

Bedono1

Stasiun Bedono, Kecamatan Jambu, Kab. Semarang.. dibangun sekitar tahun 1905 oleh NIS, dilewati jalur dari Kedung Jati sampai Secang.. sejak tahun 1970-an berhenti beroperasi.. saat in digunakan sebagai stasiiun akhir KA Wisata dari Ambarawa.. saat dikunjungi sedang direnovasi.. tanggal 6 Oktober 2014

Bedono2

Bagian dalam Stasiun Bedono

Letjes1

Stasiun Letjes, Probolinggo.. bagian dari jalur Surabaya-Banyuwangi, dibangun sekitar tahun 1895-an… hanya disinggahi KA ekonomi

stasiun pamekasan

Stasiun Pamekasan Madura, tahun 1930.. sekarang KA di Madura tidak ada lagi, dulu dioperasikan oleh Madoera Stoomtram.. Stasiun Pamekasan merupakan stasiun ujung, jika melanjutkan perjalanan ke Sumenep diantar oleh Bus milik Madoera Stoomtram. Setelah KA tidak aktif lagi sempat digunakan sebagai tempat penampungan hasil bumi sebelum diangkut ke lain daerah.

ST JemberStasiun Jember, dibangun tahun 1897.. bagian jalur Surabaya-Banyuwangi sekaligus ujun dari Jalur Jember-Panarukan. Stasiun ini digunakan untuk mengangkut hasil bumi dari Jember ke pelabuhan Panarukan. Stasiun Jember sekarang masuk Daops IX, wilayah kerjanya sampai keBali. Sedikit cerita tentang Stasiun Jember bisa dibaca di postingan ini.

STJember30

Stasiun Jember tahun 1930-an, diambil dari KITLV

 

STBalung1Ex. Stasiun Balung, letaknya di Kecamatan Balung, Kab. Jember. Saat ini jalur KA-nya tidak aktif lagi. Dulu stasiun inimerupakan persimpangan jalur ke Ambulu dan ke arah Puger/Kencong. Saat ini dipakai untuk pasar sepeda.

STBalung2

Masih ex Stasiun Balung

stBondowoso2Stasiun Bondowoso, salah satu stasiun bersejarah dengan peristiwa Gerbong Maut-nya. Tanggal 23  November 1947, 100 tawanan, pejuang RI dikirim ke Surabaya menggunakan 3 gerbong barang yang tertutup. Karena perjalanan sangat lama dan panas serta kondisi gerbong yang tertutup, tercatat 46 pejuang gugur dalam gerbong-gerbong tersebut. Dibangun sejaman dengan Stasiun Jember, sekitar tahun 1897-an, menghubungkan Jalur Jember-Panarukan. Saat ini tidak difungsikan lagi sehubungan dengan ditutupnya jalur Jember РPanarukan.

 

terowongan mrawanKalau yang ini bukan stasiun tapi terowongan Mrawan, terketak jalur Jember-Banyuwangi, sampai saat ini masih aktif. cerita singkatnya bisa di baca di sini

Stasiun Bangil, terletak di jalur Surabaya-Pasuruan yang diresmikan tahun1878. Keistimewaan Stasun ini adalah persimpangan Jalur Surabaya-Malang terletak di Stasiun ini. Jalur Bangil-Malang diresmikan 20 Juli 1879. Saya tidak berhasil ambil foto depannya karena di atas kereta.. tapi jam dinding kuno itu rasanya cukup mewakili ketuaan stasiun ini…

 

Bangil

Stasiun bangil

SCSstasiunStasiun Tegal, direnovasi tahun 1918 dengan arsitek Henry Mclaine Pont… Stasiun ini milik SCS, cerita lebih lanjut bisa dibaca di artikel ini

TawangStasiun Tawang, salah satu stasiun legendaris dan tertua di Jawa.. merupakan stasiun utama NIS.. pengganti Stasiun Tambaksari yang dibangun tahun 1864. Arsitek stasiun ini J.P de Bordes… masih dipakai sampai sekarang.

ST Tugu

Stasiun Tugu, Jogja

Stasoun Tugu, Jogja.. kalo gak kenal kebangetan.. dibuka tahun 1887, dulunya sih dipakai untuk mempermudah kunjungan¬† penguasa HIndia-Belanda ke Raja Kraton Jogja… namun akhirnya untuk pengngkutan hasil bumi juga.. Stasiun ini milik NIS.

stasiunGarahan

Stasiun Garahan.. Jember

Stasiun Garahan terletak di jalur antara Jember-Banyuwangi. Stasiun ini sekalipun tidak menjadi pemberhentian KA kelas Bisnis tetapi menjadi stasiun penting bagi penumpang KA jalur Banyuwangi-Jember.. apalagi kalau bukan Pecel Garahan yang legendaris.. sayang sekarang penjual pecel gak boleh masuk ke satiun lagi.. di dekat Stasiun ini ada terowongan Garahan dan terowongan Mrawan.. keduanya di bangun antara tahun 1901-1910..

 

Ohya artikel ini masih terus berlanjut.. pelan-pelan akan ditambah karena masih banyak stasiun lain yang pernah disinggahi tapi belum ditulis disini..

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar