achmadrizal's blog

Sejarah Pangkalan TNI AL di Tegal

Setelah Proklamasi Kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus 1945, pada tanggal  25 Agustus 1945 dibentuklah Badan Keamanan Rakyat (BKR). Selanjutnya pada tanggal 10 September 1945  dibetuklah BKR Laut yang nantinya akan berubah menjadi TKR Laut pada tanggal 10 Oktober 1945.

Pangkalan TNI AL Tegal

Pangkalan TNI AL Tegal, diambil April 2014

Di Tegal sejak tanggal 10 September 1945 sebenarnya telah terbentuk BKR Laut, tapi dengan kedatangan Letkol Darwis Jamin dari Demak, BKR Laut di Tegal dikonsolidasikan dengan baik. Sebagai anggota awal dari BKR Laut Tegal adalah personel dari Sekolah Pelayaran Tinggi Tegal (SPT Tegal). Belakangan bergabung pula personel dari SPT Jakarta diantaranya Ali Sadikin (mantan Gubernur DKI).

Personel lain yang bergabung adalah ex sensei (guru), fuku sensei (pembantu guru) dan seito (murid)  dari Kooto Sen-in Yoseiso Semarang (SPT Semarang). Berikutnya menggabungkan diri rombongan mantan Marine Belanda (KM) dan mantan KNIL yang berjiwa patriot Proklamasi ’45. Diantaranya Bpk. Wakijo, Bpk. tukiran, dan Bpk. Muhamad. Selanjutnya rombongan mantan pemberontak Hutapea dengan kekuatan 1 Batalyon ringan menggabungkan diri dengan Pangkalan Armada IV Tegal. Disamping itu masih ditambah lagi pemuda pecinta Bahari dipimpin oleh Bpk. Saminu dan rombongan mantan Pelayaran Bangsa Indonesia dari Australia dipimpin oleh Bpk. Jerison.

Tanggal 15 November 1945, keseluruhan komponen yang diperlukan untuk pembentukan TKR Laut teah sempurna diantaranya karena bergabungnya ex Marinier Belanda (KM) di dalamnya. Dan untuk itu, dilakukan upacara di Cepiring dan diangkat Darwis Jamin dengan pangkat Letnan Kolonel kemudian Kolonel, sebagai Wakil Komandan Pangkalan adalah Bpk. Marzis dan Bpk. A.F. Langkay sebagai Kepala Staf. Tanggal 15 November saat ini diperingati sebagai Hari Marinir.

Tahun 1946, di Tegal dirikan Sekolah Angkatan Laut dengan pimpinannya Laksamana-III Adam. Salah satu instrukturnya adalah Letnan II SR.S Subyakto (Laksamana purn, KSAL 1974-1977). Lulusan sekolah ini berpangkat Bintara. Sekolah ini kemudian ditarik ke Yogya saat terjadi Class-I

Tahun 1947, Maskar Besar Umum Angkatan Laut di Yogyakarta mengadakan sekolah opsir di Kali Bakung, Tegal. Pelatihan yang dibuka pada Mei 1947 diikuti oleh 39 Perwira Dek dan 18 Perwira Mesin dipimpin oleh Mayor R.E Martadinata. Selain pelajaran tentang dek dan mesin, bahasa Inggris dan etiket menjadi mata pelajarannya. Untuk Etiket, dilakukan praktek table manner tiap Sabtu siang di sebuah hotel di Tegal, sayang tidak diketahui di hotel mana kegiatan ini dilakukan.

Saat terjadi Class-I, Sekolah Opsir bubar, siswanya ada yang ke Yogya dan ada yang bertahan di Kali Bakung bersama anggota mariner.

Beberapa bangunan yang terkait dengan Pangkalan TNI AL Tegal antara lain :

1.  Dansional Tegal, terletak di Jalan Proklamasi, dibangun tahun 1914. Dari foto lama yang ada, dulunya adalah Nederlandsch-Indisch Handelsbank

Pangkalan TNI AL Tegal, dahulu kala, dari posting Mas Krisna Wariyan (https://www.facebook.com/krisna.wariyan)

Pangkalan TNI AL Tegal, dahulu kala, dari posting Mas Krisna Wariyan (https://www.facebook.com/krisna.wariyan)

2. Kantor Pos Besar Tegal, letaknya di seberang Dansional Tegal, dibangun tahun 1930. Konon pernah dijadikan markas TNI AL (sebelumnya TKR Laut) sebelum akhirnya diserahkan ke Jawatan PTT tahun 1954

Kantor Pos Tegal, dibangun tahun 1930

Kantor Pos Tegal, dibangun tahun 1930, dambil April 2014

3.Gedung  DPRD Tegal, dibangun tahun 1750-an oleh Mathijs Willem de Man (1720-1763) semula menjadi rumah pribadi Residen Tegal masa itu. Sempat menjadi markas TKR Laut.

DPRD

Kantor DPRD Tegal, dulu rumah Residen Tegal.. dari web Pangkalan TNI AL Tegal dikatakan pernah dijadikan markasnya pada perang kemerdekaan

 Picture 003

4. Monumen Yos Sudarso, terletak di depan Gedung DPRD, diresmikan tanggal 15 Januari 1969

Monumen Yos Sudarso., diresmikan 15 Januari 1969

Monumen Yos Sudarso., diresmikan 15 Januari 1969

Referensi :

  1. http://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_TNI-AL
  2. http://id.wikipedia.org/wiki/Tentara_Nasional_Indonesia_Angkatan_Laut
  3. http://astekad.blogspot.com/2011/11/bangunan-bersejarah-kota-tegal.html
  4. Markas Besar LVRI, Bunga Rampai Perjuangan dan Pengobanan Jilid II, PT Penca, 1983

Leave a Reply

Skip to toolbar