achmadrizal's blog

Menikmati Candi-Candi di Jogja dan Sekitarnya (1)

Siapa yang tidak kenal dengan Candi Borobudur dan Candi Borobudur. Jika berwisata ke Jogja dan Jawa Tengah dan mengunjungi candi, pasti yang terlintas di piliran adalah Candi Prambanan dan Candi Borobudur. Mungkin baru sedikit yang menyadari bahwa candi tidak hanya kedua candi itu yang terdapat di dekat jogja. Masih ada banyak candi yang terserak di sekitar Jogaja yang menarik unutk dijelajahi. Berikut ini beberapa candi yang menarik untuk dikunjungi.

  1. Candi Plaosan

Candi Budha ini terletak tidak jauh dari Candi Prambanan.  PersisnyaDukuh Plaosan, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten. Candi ini terdiri dari 2 kompleks. Candi Plaosan Lor dan Candi Plaosan Kidul. Candi Plaosan Lor seperti tempat pemujaan dengan bangun besar di pusatnya, sementara Candi Plaosan kidul terdiri dari bangunan-bangunan kecil seperti perumahan. Mungkin dulu pemukiman para biksu. Enaknya berkunjung ke sini tidak serama kalau ke Prambanan. Lebih sepi, dan tidak ditarik tiket resmi.

Candi Plaosan Lor

Candi Plaosan Lor

Plaosan Kidul

Candi Plaosan Kidul

 

  1. Candi Sari

Candi Sari konon merupakan bagian dari Candi Kalasan. Letaknya sekitar 200 meter timur laut Candi Kalasan. Kalau dari Jogja,terletak di sebelah kiri jalan Jogja-Solo sementara Candi Kalasan terletak di sebelah Kanan. Candi Sari dulunya berfungsi sebagai asrama para pendeta Budha. Dalam ruangan Candi Sari terlihat bahwa dulunya candi ini memiliki ruangan di lantai 2, namun karena lantainya teruat dari kayu, lantai 2 tembus sampai ke lantai 1. Masuk ke candi ini cukup murah, kadang ditarik tiket 2 rb kadang cukup memberikan uang ala kadanya di loket masuk. Suasana di Candi in lumayan sepi, enak untuk dinikmati. Candi Sari ditemukan sekitar tahun 1929.

Candi Sari, Kalasan

Candi Sari, Kalasan

  1. Candi Gebang

Candi Gebang letaknya tidak jauh dari Stadion Maguwharjo, Sleman, markas PSS Sleman. Hanya karena tidak ada jalan tembus jadi harus memutar cukup jauh. Letak persisnya Dusun Gebang, Kelurahan Widomartani, Ngemplak, Sleman.  Candi Gebang hanya terdiri dari satu bangunan candi yang tidak terlalu besar. Terdapat patung Ganesha di dalam salah satu relung di sisi candi. DI daam Candi dulunya ada Lingga dan Yoni, tetapi karena alasan keamanan mala Lingga dan Yoni di simpan dalam ruangan penjaga candi. Untuk masuk kesini cukup bayar tiket 2000 saja. Saat sore hari relatif banyak anak-anak muda yang nongkrong di candi ini.

Candi Gebang, Maguwoharjo

Candi Gebang, Maguwoharjo

 

 

4 Candi Kadisoka

Candi Kadisoka sebenarnya belum direkonstruksi secara utuh, baru terlihatkaki candinya. Letaknya diDusun Kadisoka, Desa Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman. Penemuannya relatif baru, tahun 2000-an. Candi ini diduga candi Hindu ditemukan oleh penggali pasir. Kalau tidak sedang ada penjaganya, kita tidak bisa masuk ke dalamnya, tetapi informasi tentang candi ini bisa dibaca dari papan informasi yang tersedia. Didekat candi ini ada pemancingan yang cukup ramai dan ikan yang didapat bisa dibakar disana. Sambil menikmati candi bisa makan-makan pula.

Candi Kadisoka, baru nampak kaki candinya

  1. Candi Palgading

Candi Palgading

Status candi ini seperti candi Kadisoka, belum dibangun ualng. Letaknya di Dusun Palgading, Kel. Sinduharjo, Kec. Ngaglik, Kab. Sleman. Kalau dari Jogja, ke Jalan Kaliurang, di pertigaan Gandok, ambil jalan ke kanan. Kira-kira 2 km nanti akan ketemu Desa Wisata Palgading. Letaknya di dalam kampung, jadi tersembungi di halaman belakang rumah-rumah penduduk. Dari tapak sisa bangunannya, sepertinya candi ini cukup besar dan terrendam cukup dalam.  Tidak jauh dari cnadi ini ada rumah makan Tengkleng yang maknyus.. namanya Tengkleng gajah..wadoh tetep aja makanan..

Ini baru sebagian kecil dari candi-candi di Jogja.. edisi berikutnya monggo ditunggu…

 

Leave a Reply

Skip to toolbar