achmadrizal's blog

Koloniale Tentoonstelling te Semarang, tahun 1914

Salah satu sumber internet yang paling menyenangkan untuk melihat  kembali ke jaman Belanda adalah KITLV.nl. Selain Bandung, foto Kota Semarang adalah salah satu subjek yang paling asyik diplototin. Soalnya jika liburan di Semarang, bisa sekalian membandingkan kondisi saat itu dengan saat sekarang.

Salah satu yang membuat penasaran di KITLV adalah adanya beberapa foto dengan label  Koloniale Tentoonstelling te Semarang. Yang tergambar di sana adalah bangunan-bangunan besar dengan arsitektur yang sangat indah tapi saat ini tidak ada satupun bangunan itu yang tersisa atau tidak ada keterangan di Semarang sebelah mana. Akhirnya penasaran itu terobati saat membaca satu artikel di Klasika Kompas Jawa Barat, hari Senin, 30 September 2013.

Gerbang

Gerbang masuk arena pekan raya, sangat gemerlap untuk ukuran tahun 1914

Koloniale Tentoonstelling ternyata adalah pekan raya kolonial yang diselenggarakan dalam rangka perayaan 100 tahun kemerdekaan Kerajaan Belanda dari penjajahan Perancis.  Acara ini diselenggarakan dari tanggal  22 Agustus 1924 sampai 22 November 1914 dan menjadi  acara pasar raya dan pameran terbesar di Asia Tenggara saat itu. Koloniale Tentoonstelling yang oleh masyarakat Semarang saat itu disebut  dengan  “sentiling”, biar gampang pengucapannya, sebagian dananyaa ditanggung oleh Oei Tiong Ham, raja gula asal Semarang. Konon lokasi Sentiling ini yang membentang dari Randusari sampai kaki perbukitan Candi seluas 26 Ha merupakan milik Sang Raja Gula.  Hal yang menarik lagi dari Koloniale Tentoonstelling adalah waktu penyelenggaraannya yang bersamaan dengan Perang Dunia I di berbagai tempat di Eropa. Rupanya kondisi tersebut tidak menyurutkan minat pengunjung pekan raya yang datang dari Eropa, Cina, Australia, Asia maupun negara jajahan Belanda lainnya. Untuk melihat betapa megahnya  Koloniale Tentoonstelling, berikut ini beberapa foto-foto yang dihimpun dari KITLV.

airmancur

Air manucr di depan salah satu stan peserta pekan raya

salahsatu-stan

Salah satu stand di Koloniale Tentoonstelling

pavilion-China

Stan China di Koloniale Tentoonstelling

Kolff-van-der-Hoeven-en-Broekman

Stan paabrik mesin Kolff, van der Hoeven en Broekman di Koloniale Tentoonstelling

AreaPameran

Sebagian area pekan raya, sangat luas

Leave a Reply

Skip to toolbar