achmadrizal's blog

Jelajah Kuliner Jogja ( rencananya ini bagian 1)

Sebagai salah satu tujuan utama wisata di Indonesia, Jogja memiliki aneka kuliner enak dan nikmat yang pantas untuk dicoba.. Kebetulan sejak awal September 2014 aku mulai bermukim di Jogja dan kebetulan tinggal di Jalan Kaliurang. Bagi orang yang tahu Jogja, pasti tahu kalau Jalan Kaliurang merupakan salah satu jalan dengan segudang kuliner yang siap untuk dicicipi.. Nah.. karena tiap hari lewat daerah yang buanyak warung dan resto buat makan, tentu gak salah kalau jadi sering mampir makan siang sepulang dari kampus atau makan malam bareng keluarga. Tulisan ini tidak dimaksudkan untuk memberikan rating endang bambang gurindam, top markotop atau maknyus seperti di TV-TV, soalnya bagiku cuma ada 2 kriteria, enak dan enak banget.. jadi jangan salahkan diriku jika tidak valid dalam hal penilaian rasa. Ini sekedar catatan supaya momen di Jogja semakin menarik…. Berikut catatannya:

1. Tengkleng Gajah :

Lokasinya agak nyempil.. di Jalan Kaliurang Km 9 belok kanan lebih kurang 1 km. Lokasinya di sebelah kanan jalan. Biarpun lokasinya agak di dalam, ramenya lumayan apalagi pas jam makan siang. Menu andalannya Tengkleng Gajah, tengkleng kambing dengan potongan tulang yang besar-besar kayak tulang gajah.. Daging kambingnya ueenak, gak bau dan mantep.. Seporsi tengkelng gajag Rp 29.000,-. Menu lain yang disediakan nasi goreng kambing, tongseng kambing, sop kambing.. pokok perkambingan. Terus terang kalo tongseng kambingnya kurang menggigit, tapi satenya juara.. Kalo suka kambing, menu ini perlu dicoba

Tengkleng Gajah

Tengkleng Gajah..Tengkleng Kambing mantap

2. Sate Ayam Kampung Podomoro.

Lokasinya di Jl Mataram, tidak jauh dari Hotel Melia Pusosani. Namanya juga sate Ayam Kampung Podomoro, jadi menu utamanya Sate Ayam Kampung, bukan beef steak. Stenya empuk meskipun dari ayam kampung. Buat teman makan sate ada nasi atau lontong. Warungnya gak terlalu gede dan rame terus. Model bumbu kacangnya seperti bumbu sate madura, tapi agak kasar. Kalo ke Jalan ke Malioboro, sempatkan makan disini, tinggal naik becak lewat Jalan Suryatmajan terus belok kiri.

SatePodomoro

Sate Ayam Kampung Podomoro… itu yang makan lagi khusyu’ 🙂

 

3. Ayam Penyet Suroboyo :

Cabangnya di Jogja ada dimana-mana. Kalo yang ini adanya di Jakal KM 8.3 Prujakan, kayak di gambarnya. Tepatnya di sebelah Masjid Asyhurur. Cabang yang lain ada di Gejayan, Jl A.M Sangaji dan lain..lain. Yang paling hebat itu harganya yang murah tempatnya bersih, pelayannya ramah dan sopan. Menu andalan yang enak ya ayam goreng penyet pakai sambel bawang.. yang enak juga ceker goreng empuknya. Menu lain yang cuku seger adalah sayur terancam, balado terong dan cah kangkung.. Untuk paket ayam dari 12 ribuan.. kalo ayam kampung agak mahalan dikit.

penyet suroboyo

4. Sate dan Iga Bakar Nyah Konde.

Kalo dari daftar menunya kelihatan foto ibunya agak-agak nyeremin. Beberapa teman katanya langsung ingat Suzana, ratu film horor. Lokasinya di Jalan Damai, salah satu jalan kecil pecahan Jl Kaliurang, km 8.4. Seperti tulisannya menu andalannya Sate dan Iga Bakar Kalo sate ayamnya enak, dagingnya gede-gede dan bumbu kacangnya mantap. Kalo iga bakarnya belum pernah coba, soalnya agak mahal dikit :).  Menu lain yang enak adalah bistiknya, galantin yang ada didalammnya mantep. Menu lain yang bikin nagih es kacang merahnya.. mateng sempurna, gak terlalu lembek tapi gak keras.

Kalau pagi ada pecel kediri yang cuma Rp 7000 seporsi, pakai tempe/tahu,  tanpa telor. Buat sarapan juga ada  gule sapi.. cuma dagingnya agak keras, tidak direkomendasikan kalo gulenya.

NyahKOnde

 

5. Sambel Layah

Sambel layah ini juga model ayam goreng murah meriah. Harga paketnya cuma Rp 8500,- sudah dapat ayam goreng , nasi, lalapan, sambel, tempe dan es teh porsi jumbo. Cabangnya ada dimana-mana, yang aku tahu di Jakal KM 8.5 dan Babarsari. Yang di Jakal agak nyebein, tidak disarankan kesana, pelayannya heboh sendiri terus kalo pesen kadang ada istilah sedang proses, gak tahu artinya apa yang pasti kita gak boleh pesen menu itu.. sambel yang di Jakal juga kurang enak. Kalau mau coba silahkan ke Babarsari aja, pelayannya lebih ramah, sambelnya juga lebih enak, gak tahu kenapa kok rasanya kurang standar. Sambel Layah ini punya cabang di Tegal, Cilacap, Purwokerto dan lain-lain.

 

SambelLayah

 

6. Nasi Uduk Palagan

Ini salah satu sarapa juara di Jogja. Letaknya di Jalan Palagan, naik sedikit dari Monjali. Menunya nasi uduk, ada yang dibakar ada yang tidak. Lauknya cem-macem dan ada gorengan yang mantep rasanya. Harga silahkan lihat di fotonya, ada sedikit tapi lumayan ada gambaran. Nasi uduk Palagan ini punya cabang di Babarsari.Porsinya gak terlalu besar cukup mengganjal perut buat sarapan. Enaknya dia buka dari jam 6.30, jadi cuocuok buat sarapan. Yang unik dari warung ini, kalo buka dia tulis praktek.. dan tiap minggu ketiga dia tutup. Gak tahu kenapa beberapa warung makan di Jogja tutup di minggu ketiga.

Ini salah satu tempat makan yang direkomendasikan. Harganya murah, rasanya enak, tempatnya nyaman dan gak jauh dari rumah 🙂

nasiudukpalagan

Sudah dulu.. karen direncanakan ini tulisan bagian pertama tar menyusul tulisan bagian kedua.

Selamat melantjong di Djogdja …

 

2 thoughts on “Jelajah Kuliner Jogja ( rencananya ini bagian 1)

  1. Pingback: Jelajah kuliner di Jogja

  2. Pingback: Jelajah kuliner di Jogja

Leave a Reply

Skip to toolbar