achmadrizal's blog

Jelajah Kuliner Jogja ( hore, jadi juga nulis bagian ke-2)

Tulisan ini lanjutan tulisan bagian pertama di sini. Bosen nulis panjang -panjang, jadi dipecah-pecah saja.. sekalian biar kelihatan banyak postingannya.

Yuk Lanjut :

7. Nasi Campur Bali Sakanti

Tempatnya di Jalan Palagan Tentara Pelajar, gak terlalu jauh dari Monjali, sebelah kanan jalan kalau kita mengarah ke Utara. Menunya Nasi Campur Bali sesuai dengan judulnya. Terus terang aku gak paham dengan nama-nama menunya.. yang pasti ada pilihan yang pakai ayam suwir, empal sapi dengan sayur kacang panjang dan sambel matahnya. Secara umum rasanya enak, pedas, dan rempahnya terasa. Kalo harga agak mahal sekitarRp 16.000 untuk paket nasi ayam suwir dengan ayam yang cuma segelintir. Tapi terus terang enak deh.. Asal jangan keseringan 🙂

NasiCampurBali

8. Bakmi dan Nasi Goreng Pak Pele.

Kalo yang ini salah satu ini Bakmi legendari di Jogja. Lokasinya di Alun-Alun Utara Kraton Jogja. Bukanya cuma malam dan kalo alam mingu antrinya bukan maen. Dulu pernah kesini malam minggu, ngantrinya sampai 45 menitan. Ayamnya pakai ayam kampung dengan telor bebek dengan bumbu yang tidak terlalu tebal tapi nendang lidah… Pilihan  menunya mi jowo, mau rebus nyemek atau goren, nasi magelangan a.k.a nasi mawut atau nasi goreng. Rekomendasiku sih Mi jowo rebus. Minumnya bisa pesen macem-macem misal ronde,  wedang jahe.. di subkontrakkan dari lapak di sebelahnya :).

Kalau mau kesini, saranku deket-deket Maghrib dan jangan weekend biar gak nyiksa nunggunya 🙂

MiePakPele

9. Kupat Tahu Kancilan

Lokaisnya bukan di jalan utama, di Jalan Kapten Hariyadi, salah satu cabang dari Jl. Kaliurang, tepatnya lampu merah KM 9, belok kiri kalo kita dari Jogja. Agak jauh dari pertigaan, setelah Merapi View atau Pesona Merapi. Tempatnya asri, modelnya terbuka, dan sederhana. Menu utamanya ya Kupat Tahu ala Magelangan. Karena lama di Bandung, ya model kupat tahu yang cocok ya  model Bandung dengan bumbu kacang yang diule lebut, atau versi yang pakai petis. Kalau disini umbunya atau tepatnya dengan kuah manis gula merah dengan rasa bawag dan taburan kacang tanah goreng yang diuleg kasar. Tapi dari 4 kupat tahu Magelangan yang pernah aku coba, ini salah satu yang lumayan. Yang lain di Jln Veteran, Jogja, atau di Jl Sudirman Magelang, rasanya kurang nonjok. Mungkin yang bisa mengalahkan cuma upat Tahu H Atmo di Jalan Kaliurang Km 16. Tapi berhubung terlanjur beli ya sudah dinikmati saja.. toh rasanya tetep enak.. jadi jangan mencela makanan, rejeki dari Allah.. setujuh.. 🙂

KupatTahuKancilan

10. King Wing

King Wing ini sebenarnya gerobak makanan yang tergeletak di Jl Kaliurang Km 5.5, depan Sepiring Resto. Bukanya sore sekitar jam 15.30-an. Menu andalannya sayap ayam goreng. Biar gak kesepian sayap ayamnya bisa ditemenin french fries atau smashed potato. Harganya ramah kantong, cuma kalo ini gak cocok buat makan malam, enaknya buat  ngemil.. (gendut-gendut deh)… Saus nya mantep jadi pengen njilatin sampai ludes.. King wing juga punya cabang di Jl Moses Gatotkaca. Ohya sebelahnya ada yang jual Curros, renyah tapi empuk.. cuma sering gak buka gerobaknya… Kalo kebetulan lewat Jakal Km 5-an, dan sore hari, gak nyesel mapir kesini.

kingwing

11. Ketoprak Jakarta Bang Rudi

Namanya Ketoprak Jakarta, tapi kalo pagi ada juga bubur ayam dan Bakmi Jakarta. Buubur ayamnya enak, gak cuma kecap kayak di Bandung. Mi-nya belum coba tapi ketoprak atau gado-gadonya lumayan mantap. Kalo menurutku yang enak malah pangsit goreng spesialnya. Digoreng mendadak dengan isian ayam cacah di dalamnya dengan saus yang asem seger.. Kalo porsi gede Rp 15.000 isi 6 atau 7, lupa.. soalnya langsung dimakan gak pakai di hitung 🙂 Lokasinya di Jalan kaliurang Km 5,5-an, tapi dia juga punya cabang di bangjo MM UGM.. tapi cabangnya rasanya gak jual bakmi dan bubur ayam, cuma gado-gado dan ketoprak.. Secara umum enak dan bersih.

ketoprakjakarta

12. Kampung Arab

Untuk yang ingin mencoba menu ala padang pasir bisa mencoba tempat makan yang satu ini. Lokasinya di Jl Palagan Tentara Pelajar, tidak jauh dari Nasi Uduk Palagan atau Nasi Campur Bali. Menu yang ditawarkan seperti nasi kebuli, nasi biryani, kari kambing, samosa, mutaba, gohwah (kopo arab) dan lain-lain. Kayaknya Sisha juga ada deh.. gak inget :).  Tempat makannya ada yang pakai meja kursi biasa ada juga yang lesehan dengan karpet-karpet ala Raja minyak dari Arab.

Kemarin pas kesana,pesan makannya nasi biryani dengan sate sapi rempah. Asli enak banget sate sapinya, pedas dan gurih. Rempah-rempahnya tidak terlalu kuat sepertinya sudah disesuaikan dengan selera lokal. Secara umum, enak dan menyenangkan.

kampungarab

13. House of Raminten

Ini salah satu tempat makan yang cukup sensasional. Lokasinya di Jl Faridan MN, kawasan Kotabaru, Jogja. Dulu mampir kesini iseng saja sepulang dari kampus jam 2-an. Langsung masuk, dapat tempat, pesan bayar dan makan.. Ya, setelah pesan kita langsung bayar sama mbak-mbaknya yang pakai kemben. Tar pesenannya dianter sama mas-mas yang pakai dasi.. Makanannya banyak yang tradisional, misal gado-gado, gudeg, dan lain-lain. Rasanya enak meskpun tidak terlalu stimewa menurutku. Di waktu yang lain, pas aku lewat, waduh.. orang pada ngantri buat makan siang sampai di luar rumah makan. Makanya kok ada semacam ruang tunggu dengan kursi yang cukup banyak.. berarti waktu itu aku beruntung gak pakai ngantri lama..  Rasanya perlu di coba mampir kesini kalau maen ke Jogja.. pasti banyak komen menarik kalau update status di FB 🙂

HOuseofRaminten

Untuk bagian 2 segitu dulu.. gambar-gambar dan bahan tulisan buat bagian 3 sedang dikumpulkan.. jangan berharap foto makanannya.. soalnya aku agak anti memfoto makanan…

One thought on “Jelajah Kuliner Jogja ( hore, jadi juga nulis bagian ke-2)

  1. Pingback: Jelajah kuliner di Jogja

Leave a Reply

Skip to toolbar