achmadrizal's blog

Bagaimana menulis abstrak yang baik

Abstrak merupakan gambaran dari keseluruhan tulisan pada karya tulis anda. Biasanya setelah membaca judul, maka yang akan dibaca oleh pembaca adalah abstrak. Jika abstraknya menarik biasanya langkah berikutnya akan membaca kesimpulan. Dan jika kesimpulannya menarik maka, kemungkinan pembaca akan membaca lebih banyak bagian dari karya tulis kita atau bahkan membaca keseluruhannya.

Dari ilustrasi di atas dapat kita simpulkan bahwa abstrak yang baik akan mengantarkan pembaca untuk membaca hal-hal yang akan kita sampaikan lewat karya tulis kita. Hal ini tentunya didukung oleh judul yang menarik pula. Untuk itu berikut ini beberapa tips untuk menulis abstrak yang baik.

Abstrak merupakan summary atau ringkasan dari kontribusi penulis dalam karya tulisnya. Abstrak harus bisa menggambarkan keseluruhan tulisan tanpa harus membaca keseluruhan tulisan. Karena abstrak digunakan dalam karya ilmuah, maka abstrak bukan merupakan penilaian subyektif dari penulis. Tulisan dalam abstrak tidak harus berulang di dalam isi karya tulis, karena abstrak merupakan ringkasan, maka biasanya abstrak ditulis terakhir, yaitu saat keseluruhan karya tulis telah selesai. Berikut ini beberapa daftar yang bisa dijadikan pedoman dalam penulisan abstrak yang baik:

  1. Masalah apa yang diselesaikan atau fokus dalam tulisan anda. Abstrak yang baik harus secara jelas merumuskan maslah yang diangkat dalam tulisan
  2. Bagaimana cari anda memecahkan masalah yang diangkat tersebut. Metode atau proses yang dilakukan dalam memecahkanmasalah tersebut
  3. Apa hasil yang dicapai dalam usaha memecahkan masalah tersebut. Untuk tulisan bidang teknik sebaiknya ada hasil kuantitatif, tidak sekedar kualitatif.

Paling tidak ketiga poin tersebut harus muncul dalam abstrak. Setelah itu untuk lebih mempertajam abstrak yang kita buat beberapa hal yang bisa menjadi perhatian adalah:

  1. Berikan penekanan pada hal baru/kontibusi yang ditawarkan dalam tulisan kita
  2. Latar belakang masalah tidak diulas panjang lebar, hal ini mengingat jumlah kata dalam abstrak dibatasi 150-200 kata
  3. Gaya penulisan orang ketiga, jadi gunakan gaya bahasa pasif.

Ada baiknya setelah abstrak dibuat, mintalah bantuan pada teman anda untuk membaca ulang sehingga jika ada kekurangan bisa diperbaiki.

Selamat mencoba!!

Leave a Reply

Skip to toolbar